Biaya dalam Transaksi Shopee untuk Penjual dan Pembeli termasuk: 1. Biaya Pengiriman (untuk penjual) 2. Biaya Admin (untuk penjual dan pembeli) 3. Biaya Pengemasan (untuk penjual) 4. Biaya Layanan (untuk penjual dan pembeli) Catatan: Rincian biaya dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan promosi yang berlaku. Selalu periksa detail transaksi sebelum menyelesaikan pembayaran.

Tohir78 Shopee mengenakan sejumlah biaya kepada penjual dan pembeli sebagai kontribusi atas layanan dan fitur yang disediakan. Besaran serta jenis biaya yang dikenakan Shopee berbeda-beda, tergantung pada status toko yang didaftarkan.

Terbaru, mulai 20 Juli 2025, Shopee akan memberlakukan biaya proses pesanan sebesar Rp1.250 untuk setiap transaksi yang berhasil diselesaikan. Biaya ini berlaku untuk semua tipe penjual, baik Non-Star, Star, Star+, maupun Shopee Mall.

Announcement ini berlaku untuk penjual sebelumnya dan juga tertera di laman resmi Seller Shopee. Dalam pengumuman kepada Seller, biaya proses pesanan dihitung berdasarkan jumlah pesanan yang telah diselesaikan.

"Within one order completed, pembeli mungkin membeli beberapa produk sekaligus," demikian dikutip.

Artinya, penjual bisa mengestimasi Biaya Proses Pesanan per produk dengan membagi Rp1.250 oleh jumlah produk yang dibeli dalam satu pesanan.

Tohir78.co.id Hal ini juga telah dikonfirmasi kepada Shopee namun belum ada tanggapan resmi.

Menurut laman resmi Shopee, beberapa biaya dikenakan dalam transaksi baik untuk penjual maupun pembeli. Berikut adalah rangkuman beberapa biaya transaksi lainnya yang dikenakan oleh Shopee:

Khusus Penjual (Seller)

1. Biaya Administrasi

Biaya administrasi dikenakan kepada penjual yang telah memenuhi kriteria tertentu, yaitu: penjual Non-Star yang telah menyelesaikan lebih dari 50 pesanan, penjual yang tergabung dalam program Star atau Star+, serta penjual Shopee Mall.

Program Star merupakan bentuk apresiasi dari Shopee bagi penjual aktif dengan pelayanan yang baik, sementara Star+ diberikan kepada penjual Star dengan performa unggul dan pengalaman belanja yang konsisten baik.

Di penjual Non-Star hingga Star+, biaya administrasi ini bervariasi berdasarkan kategori produk (A–E) dan status penjual.

Penjual Non-Star dengan pesanan kurang dari 50 pesanan tidak dikenakan biaya administrasi. Sedangkan untuk penjual Non-Star dengan pesanan di atas 50 pesanan dan penjual Star/Star+ dikenakan biaya sebagai berikut:

  • Kategori A: 8%
  • Kategori B: 7,5%
  • Kategori C: 5,75%
  • Kategori D: 4,25%
  • Kategori E: 2,5%

Shopee mengkategorikan setiap tipe penjual non-Star, Star, hingga Star+ ke dalam beberapa kategori produk A sampai E. Setiap kode ini menunjukkan jenis-jenis produk yang dijual.

Misalnya, kategori A meliputi Aksesoris Fashion, Buku & Alat Tulis, Buku & Majalah, Fashion Muslim, Hobi & Koleksi, Ibu & Bayi, Kesehatan, Koper & Tas Travel, Mobil, Olahraga & Outdoor, Perlengkapan Rumah, Sepeda Motor.

Kategori B mencakup Elektronik, Handphone & Aksesoris, Audio, Gaming & Konsol, Kamera & Drone, Otomotif dan lainnya. Produk kategori penjual lainnya dapat dilihat di laman resmi Shopee Seller.

Untuk Shopee Mall khusus, biaya administrasi dikenakan dalam bentuk persentase dari harga produk setelah dipotong diskon. Persentase ini tergantung pada sub-kategori produk dari A sampai G, dengan rincian sebagai berikut:

  • 10,2%
  • 9,7%
  • 7,2%
  • 6,2%
  • 5,2%
  • 3,2%
  • 2,5%

Shopee mengelompokkan produk ke dalam kategori A hingga G, dan masing-masing memiliki tarif administrasi berbeda.

2. Biaya Pembayaran

Khusus untuk penjual Shopee Mall, dikenakan biaya pembayaran sebesar 1,8% dari nilai produk yang berhasil terjual. Biaya ini berlaku sama untuk semua kategori produk.

Terhitung mulai 1 Agustus 2024, Shopee menetapkan batas maksimal biaya pembayaran sebesar Rp50.000 per kuantitas produk untuk memberikan perlindungan terhadap margin keuntungan penjual. Seperti biaya lainnya, komponen ini juga sudah termasuk PPN.

3. Biaya Layanan Pembeli

Biaya layanan pembeli adalah potongan yang dikenakan kepada penjual dan digunakan oleh Shopee untuk pengembangan sistem dan teknologi, demi meningkatkan kualitas layanan kepada pembeli.

Pemotongan biaya ini dilakukan secara otomatis melalui sistem saat dana hasil penjualan dilepaskan ke saldo penjual. Biaya ini juga telah mencakup PPN.

4. Biaya Layanan Promo & Gratis Ongkir

Penjual yang mengikuti berbagai program promosi dari Shopee seperti Promo XTRA, Gratis Ongkir XTRA, dan Shopee Live XTRA akan dikenakan biaya layanan tambahan. Biaya ini berlaku jika penjual mengikuti salah satu dari program berikut:

  • Ongkos Kirim Gratis XTRA: 4% (kecuali kategori D)
  • Promo XTRA: 1,4%
  • Shopee Live XTRA

5. Biaya Proses Pesanan

Mulai 20 Juli 2025, Shopee akan memberlakukan biaya proses pesanan sebesar Rp1.250 untuk setiap transaksi yang berhasil diselesaikan. Biaya ini berlaku untuk semua tipe penjual, baik Non-Star, Star, Star+, maupun Shopee Mall.

Lebih lanjut, dalam pengumuman kepada Seller, Shopee menyebut Biaya Proses Pesanan ini hanya akan dikenakan bagi setiap pesanan yang terselesaikan. “Dalam satu pesanan terselesaikan, pembeli mungkin membeli beberapa produk sekaligus,” demikian dikutip.

Artinya, penjual bisa mengestimasi Biaya Proses Pesanan per produk dengan membagi Rp1.250 oleh jumlah produk yang dibeli dalam satu pesanan.

Khusus Pembeli: Biaya Jasa Pembeli

Setiap transaksi yang dilakukan oleh pembeli di Shopee akan dikenakan biaya layanan. Besarnya biaya layanan ini bisa berbeda tergantung pada nominal pembayaran serta metode pembayaran yang dipilih oleh pembeli.

Biaya layanan ini sudah termasuk PPN dan akan muncul di halaman checkout, rincian pesanan, halaman pembayaran, dan faktur pesanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesegaran Alami: Rahasia Pewangi Rumah Tanpa Bahan Kimia

40 Pertanyaan Sejarah Indonesia Kelas 10 untuk Ulangan/Ujian Semester Tahun Ajaran 2025/2026 dan Kunci Jawabannya

Sinyal Transfer Mekanis untuk Gol Persebaya Surabaya, Arema, dan Persib Bandung: Kiblat Kontras